Review Manga "Raja Setan, Ambilin Itu, Dong!"



Pengenalan dulu~


Judul Buku : Raja Setan, Ambilin Itu, Dong! / Maou-sama Chotto Sore Totte!!
Pengarang : Tomoya Haruno
Genre : Fantasy, Comedy, Supernatural, Seinen, Slice Of Life
Rating : 13+
Penerbit : @elexmedia (Indonesia) SHUEISHA Inc (Jepang)
Tahun Terbit : 2016 (Indonesia) 2011 (Jepang)
Status : 3 Volume, On going (Indonesia) 6 Volume, On going (Jepang)
Tebal Buku : 176 Hlm (Volume 1) 192 Hlm (Volume 2) 160 Hlm (Volume 3)
Harga : Rp. 22,500 (Volume 1-3)

SINOPSIS: Pahlawan dan para sahabatnya akhirnya berhasil mengalahkan dan menyegel kembali Raja Setan yang legendaris serta mengembalikan kedamaian di dunia. Tapi sebagai harga dari kemenangan itu, Penyihir, salah seorang rekan Pahlawan ikut tersegel bersama Raja Setan dalam "Sangkar" dimensi lain, dan kini mereka sama-sama tak punya kekuatan sihir.

Inilah kisah pencarian jalan keluar, dan penindasan tiada habis dari Penyihir kepada Raja Setan yang tak berdaya.

Buku ini dibawa ke Indonesia oleh Elex Media, lebih tepatnya 23 Maret 2016. Emang buku ini terbit 23 Maret 2016, tapi gw sendiri baru beli nih buku passs banget sama setahun terbitnya, yakni 23 Maret 2017~ :'v. Wkwkwk serius deh, soalnya gw belinya pas banget waktu mau nonton SAO Movie: Ordinal Scale, hehehe udah pada nonton blom? gw udah 2x kali donk, pas premire juga dapet lagi nontonnya, trus dapet emp.... ehhh kok malah melenceng sih :v. Buku karya Tomoya Haruno (Nah lho kenapa di Bold tuh? :v) ini, sudah terbit di Jepang dari 11 Agustus 2011 dan masih berlanjut hingga saat ini. Btw ini sinopsisnya



PERTAMA

Wkwkwkw, dari sini aja kita udah keliatan banget komedinya. Jujur gw beli manga ini awalnya karena liat karakter Raja Setan-nya yang lucu banget, yang bisa diliat di cover manganya :'v. Jadi gw gk cek dulu genre dan sinopsinya (Padahal sih ada di cover belakangnya :v). Awalnya sesudah baca Chapter 0 nya, kita bener-bener lansung di bawa ke ceritanya, tanpa pengenalan lebih dahulu, dan tanpa cerita asal-usul mereka bisa ada di "sangkar" tadi, jadi bisa dibilang plot-nya agak berantakan. Kenapa gw bilang plot-nya agak berantakan? Soalnya di chapter selanjutnya mereka cuman flashback-ke masa sekarang-flashback-ke masa sekarang, gitu-gitu trus deh dan terus juga, prologue di tarok di belakang!? Tapi sebenarnya bukan berantakan sih, cuman rumit aja plotnya, tapi ceritanya fresh banget kok, komedinya sama fantasynya kerasa banget di cerita ini.

KEDUA

Next~~, let's talk about the character. Karakter disini tidak memakai konteks nama, melainkan menggunakan pekerjaan karakter tersebut, jadi gk usah susah-susah ngingetin deh tuh, inget aja dia tuh yang apa :v. Cuman menurut gw, penamaan kayak gini jadinya jelek, kesannya karakternya tuh jadi gk ada, sayang banget padahal ceritanya uda lumayan bagus :'v. Konteks penamaan kayak gini juga bisa di lihat di anime Maoyuu Maou Yuusha, ceritanya juga tentang Raja Setan cewek, tapi kalo dia lebih serius ceritanya, ribet deh ngomongin ekonomi lah apa lah wkwkw boring deh pokokknya. Tapi kalo Raja Setan disini, ahhhh Best Tsundere deh karakter Raja Setan yang satu ini (kadang bingung, namanya aja raja masa cewek sih :'v). Emang gambar karakternya gak begitu moe, tapi malah itu yang bikin gw suka sama dia, kadang ada juga ekspresi dia yang bisa bikin nosebleed atau mimisan :'v. Terus si Penyihir nya juga kurang ajar, tapi dia licik sama pinter banget deh, sampe-sampe bisa bikin ketawa dengan liat kelakuannya yang bandel, tapi cerdas. dan dibantu oleh karakter-karakter sampingan yang gak kalah lucu, ada Petarung loli yang polos, tapi sangar, Pahlawan yang bisa dibilang 'sedikit keren' tapi sedikit dongo juga, dan Dayang atau Maid si Raja Setan yang agak masokis tapi sebenarnya baik :'v. Nah spoiler dikit aja yah nih, si Petarung, sama si Pahlawan juga terperangkap di "Sangkar" tadi karena mau menyegel si Raja Setan :'v. Kalau si Dayang, dia muncul waktu flashback masa kecil si Raja Setan, sumpah lucu banget njir :'v. Jujur gw suka banget sama penyampain karakternya, sayangnya aja mereka gak punya nama.
(Spoiler dikit deh muka waktu Raja Setan kecil. Jangan kelamaan liatnya, ati-ati di cyduck~ wkwkw :v) 

KETIGA

Masih ingatkah dengan nama yang tadi gw Bold? Yak Tomoya Haruno-sensei, dia juga yang membuat manga "D-Frag!", wkwkw pantes gw gak asing sama muka karakter Petarung :'v. Jujur gw juga baru tau author ini waktu penasaran sama yang nyiptain manga ini, terus gw search di MAL, ehh ternyata peciptanya sama. Moga-moga cerita ini juga bisa dapet adaptasi anime nya kayak D-Frag! dan juga semoga dengan ini Elex Media bisa bawa cerita D-Frag! "resmi" ke Indonesia, soalnya biasanya kalau seorang author udah memberikan ijin buat judul dia yang A, kemungkinan dia juga bisa memberikan judul yang B. Yah tapi masih musti ijin dulu juga ke publisher D-Frag!, moga-moga aja mereka juga memberi ijin, soalnya D-Frag! sama "Raja Setan, Ambilin Itu, Dong!" beda yang ngepublish. Yah kita cuman bisa bantu doa. Tapi mungkin kalau emang bener-bener mau, kalian bisa nge-vote judul "D-Frag"di wishlist komik di forum Elex Media, tapi inget yah ini Wishlist bukan Request~. Berikut linknya: Wishlist Komik Forum Elex Media.

KEEMPAT

Yak Easter egg time~. Seneng banget gw, kalo liat author nyelipin easter egg di dalam karyanya. Gw juga bingung sih apa yang bikin seneng, yahh cuman gitu seneng aja wkwkwkw (ngomong apa sih pak :'v). Yak karena kita udah tau author nya siapa, bisa kita lihat gambar di atas ada gambar karakter D-Frag nya dan yang paling mencolok menurut gw adalah main character dari cerita D-Frag, yaitu Roka~~. Gw rasa semua muka disitu kebanyakan karakter D-Frag, tapi yah yang paling mencolok kayaknya dia aja :v. Easter Egg ini bisa ditemukan di Chapter 7.

Yakk sekian review gak jelas dari gw ini, maaf jika ada typo bertebaran, sikap-sikap gw yang gak berkenan, dan terakhir yang pastinya maaf kalau review gw ini jauh dari kata profesional, karena gw me-review ini menurut dengan apa yang gw pikirkan aja. Makasih banget udah nyempetin waktunya buat baca review ini. Bentar jangan pergi dulu ada pemanis di bawah hehehe scroll kebawah terus yah :v.

































































































































Tuh udah di ingetin, jangan lupa beli komiknya yah! Kalo sudah bisa kita beli kenapa harus yang bajakan? Sekian dari gw, sekali lagi saya ucapkan maaf dan terima kasih!!~






Komentar

  1. terbitannya tersendat yak, di Jepang sono udah 6 buku disini baru 2..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review ReLIFE (Live Action)

Review Manga Black Bullet